Garuda Learning System

Logo Garuda LearningGaruda Learning System adalah produk sistem pembelajaran yang terintegrasi berbasis digital multimedia interaktif yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan implementasi Kurikulum Nasional di Indonesia.  Garuda Learning System menyediakan fungsi administrasi, perencanaan, penilaian dan pelaporan serta materi pembelajaran yang menyenangkan, dikemas dalam bentuk animasi audio video yang menarik serta untuk memudahkan sekolah dan pendidik / guru dalam mengelola kelas, mengampu mata pelajaran.

Keberadaan Garuda Learning System diharapkan mampu mengoptimalkan fungsi tenaga pendidik / guru untuk fokus pada fungsi utamanya sebagai pendidik tanpa di repotkan dengan pekerjaan administratif yang banyak menyita waktunya.

Garuda Lerning system dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip:

  1. Sesuai pedoman, rambu, ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.
  2. Aplikatif, mudah digunakan oleh user/ guru dengan kemampuan komputer terbatas.
  3. Fleksibel, mudah disesuaikan dengan perubahan yang dikarenakan perubahan kebijakan pemerintah yang cepat.
  4. Variatif, memberikan bayak ragam dan pilihan bahan, materi serta metode ajar yang bisa digunakan oleh guru.
  5. Lengkap memuat berbagai kebutuhan guru, baik guru kelas maupun guru mata pelajaran.
  6. Terpadu, rangkaian aplikasi yang beragam sebaiknya memnetuk jaringan terpadu yang mampu memenuhi secara komplit kegiatan guru.

KURIKULUM NASIONAL

Model kurikulum 2013 (K-13) yang disempurnakan menjadi Kurikulum Nasional secara bertahap membawa banyak perubahan pada proses belajar mengajar seperti pada;

  1. Standar proses yang semula terfokus pada eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi akan dilengkapi dengan mengamati, menaya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan dan mencipta.
  2. Belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga dilingkungan sekolah dan masyarakat.
  3. Guru bukan satu-satunya sumber belajar.
  4. Sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan.

SISTEM PEMBELAJARAN TERINTEGRASI

Menyediakan sebuah sistem pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan administratif, rencana pembelajaran, penjadwalan, bahan pembelajaran, penilaian hingga pelaporan hasil pembelajaran yang telah dilakukan dilakukan.

GLS hadir untuk membantu guru dalam mengelola 5 tugas pokok, yakni:

  1. Merencanakan pembelajaran
  2. Melaksanakan pembelajaran
  3. Menilai hasil belajar
  4. Menganalisis hasil penilaian
  5. Melaksanakan kegiatan tindak lanjut

PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA

Multimedia menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran terbaik untuk hasil yang maksimal. Demikian juga bagi peserta didik, dengan multimedia diharapkan mereka akan lebih mudah untuk menentukan dengan apa dan bagaiamana siswa  dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien. Sumber informasi tidak lagi terfokus pada teks dari buku semata-mata tetapi lebih luas dari itu. Kemampuan teknologi multimedia yang semakin baik dan berkembang akan menambah kemudahan dalam mendapatkan pengetahuan siswa.

Bagikan artikel :

FacebookTwitterGoogleLinkedIn