Modul Perencanaan Pembelajaran

Sebagaimana dikemukakan oleh Nana dan Sukirman (2008) :

Perencanaan pembelajaran merupakan penjabaran, pengayaan dan pengembangan dari kurikulum. Dalam membuat perencanaan pembelajaran, tentu saja guru selain mengacu pada tuntutan kurikulum, juga harus mempertimbangkan situasi dan kondisi serta potensi yang ada di sekolah masing-masing. Hal ini tentu saja akan berimplikasi pada model atau isi perencanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh setiap guru, disesuaikan dengan kondisi nyata yang dihadapi setiap sekolah.

Dengan demikian perencanaan sebagai program pembelajaran memiliki beberapa pengertian yang memiliki makna yang sama yaitu suatu proses mengelola, mengatur dan merumuskan unsur-unsur pembelajaran seperti merumuskan tujuan, materi atau isi, metode pembelajaran dan merumuskan evaluasi pembelajaran.

Perumusan dan pengelolaan setiap unsur atau komponen pembelajaran tersebut diarahkan sebagai suatu jawaban atas empat pertanyaan pokok yaitu :

  1. Apa yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan?
  2. Apa yang harus diberikan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut?
  3. Bagaimana atau dengan cara apa proses pembelajaran dilakukan agar sasaran pembelajaran dapat dicapai?
  4. Bagaimana untuk mengetahui ketercapaian sasaran pembelajaran yang telah ditetapkan?

Berdasarkan pemahaman diatas, kami merancang Garuda Learning System agar memiliki modul-modul yang sesuai dengan tuntutan dan perumusan dari perencanaan pembelajaran diatas. Modul Perencanaan Pembelajaran yang kami miliki meliputi :

  • Modul Silabus
    Silabus
  • Modul Program Tahunan
    program tahunan
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
    Rpp2 RPP1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Kalender Pendidikan
    kalender pendidikan kalender pendidikan2

Bagikan artikel :

FacebookTwitterGoogleLinkedIn