Modul Penilaian dan Pelaporan

Sudah dapat dipastikan bahwa tidak seorang pun guru yang mengajar yang tidak melakukan penilaian terhadap hasil belajar para siswanya. Sebabnya ialai menilai hasil belajar siswa menjadi bagian integral dari tugasnya sebagai pengajar.[1]

Penilaian pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa dan hasil mengajar guru. Informasi hasil belajar atau hasil mengajar berupa kompetensi dasar yang dikuasai dan yang belum dikuasasi oleh siswa. Hasil belajar siswa digunakan untuk memotivasi siswa, dan untuk perbaikan serta peningkatan kualitas pembelajaran oleh guru.

Pemanfaatan hasil belajar untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran harus didukung oleh siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Dukungan ini akan diperoleh apabila mereka memperoleh informasi hasil belajar yang lengkap dan akurat. Untuk itu diperlukan laporan perkembangan hasil belajar siswa untuk guru atau sekolah, untuk siswa, dan untuk orang tua siswa.

Laporan hasil belajar siswa mencakup ranah kognitif, psikomotor, dan afektif. Informasi ranah kognitif dan psikomotor diperoleh dari sistem penilaian yang digunakan untuk mata pelajaran yang sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar. Informasi ranah afektif diperoleh melalui kuesioner, inventori, dan pengamatan yang sistematik.

 

Sesuai dengan Kurikulum yang diberlakukan, maka Garuda Learning System menyediakan modul-modul yang bertujuan memudahkan tenaga pendidik dalam melakukan rutinitas penilaian dan pelaporan pembelajaran sehari-hari disekolah , sebagian diantaranya tersebut dibawah ini :

  • Modul Bank Soal
    bank_soal_1 bank_soal_2
  • Modul Kisi Kisi beserta Indikator Soal
    kisi2
  • Modul Pemetaan Soal
    peta_soal
  • Modul Penilaian
    penilaian

[1] Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009), hal. 151.

Bagikan artikel :

FacebookTwitterGoogleLinkedIn